Lomba Cerpen Balai Bahasa Jateng 2016

Lomba Menulis Cerpen ini diadakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. Pada tahun 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah rnencanangkan "Gerakan Literasi Sekolah". Tujuan gerakan ini untuk membiasakan dan memotivasi siswa dan guru agar mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti.

Gerakan yang mengambil tema .. Bahasa Penumbuh Budi Pekerti'' ini tentu harus didukung oleh kegiatan lain yang sejalan agar keinginan untuk mewujudkan rnasyarakat yang berbudaya baca-tulls segera dapat tercapai, Dalam kerangka ltu, Balai Bahasa Jawa Tengah. Badan  Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Penullsan Cerpen bagi Siswa SMA Sederajat dan Guru tingkat Jawa Tengah tahun 2016.


Lomba Menulis Cerpen bagi Siswa SLTA Sederajat dan Guru ini bertujuan (1) rnendorong dan menggali siswa untuk berlatih dan mengasah minat, bakat dan kemampuan, serta kreativitas dalam menulis karya sastra berupa cerpen. (2) menurnbuhkan sikap dan perilaku positif melalui karya sastra. dan memupuk budaya baca-tulis serta cinta sastra, 

Lomba Cerpen



PEND AFT ARAN

Pengiriman naskah cerpen mulai tanggal 1 April- 1 Juli 2016 melalui pos atau datang langsung ke Balai Bahasa Jawa Tengah. Jalan Elang Raya Nomor 1. Mangunharjo. Tembalang Semarang. 50272. 

Lomba Cerpen TErbaru


HADIAH

Pemenang masing-massing kategori akan mendapatkan hadiah berupa piala. piagam. dan uang pembinaan dengan rincian sebagai berikut.


Pemenang 1 : RP. 2.000.000,-
Pemenang 2: Rp. 1.500.000,-
Pemenang 3: RP. 1.000.000
Pemenang Harapan I: Rp 750.000.00
Pemenang Harapan II: Rp 500.000.00

Pajak hadiah dltanggung oleh pemenang.


KETENTUAN LOMBA

1 Kategorl lornba ada dua yaitu kategori siswa SMA sederajat dan Guru.

2 Peserta adalah siswa SMNsederajat dan Guru di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

3. Pendaftaran tidak dipungut biaya.

4 . Peserta menyertakan biodata dengan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi. disertai fotokopi KTP/Kartu Pelajar/surat keterangan lainnya yang menyatakan bahwa peserta bersekolah atau berdomisili di Jawa Tengah.

5 . Cerpen adalah karya asli. bukan terjemahan maupun saduran. jiplakan atau dibuatkan oleh orang lain, dan bukan hasil klaim  terhadap hak cipta  atau buatan orang lain.

6 . Cerpen belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis (dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditandatangani peserta di atas materai).

7 . Cerpen yang ditulis tidak berrnuatan pornografi. tidak bias gender. tidak berunsur kekerasan. tidak mengandung unsur SARA, dan sesuai dengan tema lomba.

8 . Naskah Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia. diketik menggunakan huruf Cambria: ukuran huruf 12: spasi 1,5: margin (kanan. kiri. atas. bawah) 3 cm. dan tidsk bolak-balik. panjang tullsan cerpen 5-8 halaman kuarto.

9 . Peserta hanya diperbolehkan mengirim satu karyanya.

10. Naskah diklrim dalam bentuk cetakan 4 (ernpat) rangkap ke panltia Lomba Penulisan Cerpen di Bala[ Bahasa Jawa Tengah, Jalan Elang Raya Nornor I. Mangunharjo, Tembalang Semarang. Paling lambat  1 Juli 2016 (cap pos).

11. Hak cipta cerpen ada pada penulis. sedangkan hak cipta penerbitan ada pada Balai Bahasa Jawa Tengah.

12. Penilaian lomba rnenjadi tanggungjawab dewan juri. keputusan dewan juri rnutlak tidak dapat diganggu gugat.

NARAHUBUNG

lnayati lstiana (081327348439) Muhammad Fikri (08995826982)

Demikian Info Lomba Menulis terbaru. Silakan copy paste dan sebarkan posting ini kepada teman melalui FB, Twitter, G+, dll. Jangan lupa cantumkan http://berbagi-lomba-nulis.blogspot.com. terimakasih.