Lomba Menulis Blog dan Majalah 2015 Universitas Gunadarma

Lomba Menulis 2015 Universitas Gunadarma. Nama lombanya Lomba Menulis Artikel di Majalah Online Fakultas

Untuk lomba menulis di Majalah berikut adalah Persyaratan dan pedoman lomba menulis artikel selengkapnya adalah sebagai berikut:


1. Lomba ini hanya berlaku untuk mahasiswa program D3 dan S1 di Universitas Gunadarma yang tercatat aktif pada tahun ajaran 2014/2015. Pemenang lomba dipisahkan antara mahasiswa tingkat I dengan Mahasiswa tingkat II ke atas.
2. Waktu lomba adalah mulai dari tanggal 26 Desember 2014 sampai 31 Januari 2015. Postingan yang masuk di luar periode waktu tersebut tidak dipertimbangkan sebagai peserta lomba.

3. Tema tulisan sesuai dengan ruang lingkup proses pendidikan di fakultasnya masing-masing
sesuai dengan tri darma perguruan tinggi. Format tulisan dapat berupa reportase atau opini, termasuk essay atau feature mengenai topik tertentu sesuai dengan disiplin ilmu di fakultasnya masing-masing.

3. Peserta lomba harus mendaftar terlebih dahulu untuk memperoleh akun di majalah online yang dituju melalui email ke bapsi@gunadarma.ac.id. Email yang digunakan harus email resmi dari Universitas Gunadarma (studentsite). Subyek emailnya: “Registrasi Lomba Artikel Majalah Online” dengan isi emalinya mencantumkan identitas resmi yaitu nama lengkap, NPM, kelas, program studi/fakultas, dan majalah online yang dituju. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan memilih majalah online di fakultasnya masing-masing.

4. Setelah Anda memperoleh Akun dan Password dari panitia, Anda dapat mem-posting tulisan ke majalah online yang dituju, misalnya: http://fe.gunadarma.ac.id/majalah/wp-admin untuk
fakultas ekonomi, http://fikom.gunadarma.ac.id/majalah/wp-admin untuk fakultas komunikasi,

dan seterusnya sesuai dengan alamat URL masing-masing majalah online yang sudah disajikan di atas, dengan menambahkan “wp-admin” di bagian akhir pada alamat URL tersebut. Mengingat majalah online tersebut dimoderasi, maka foto yang diunggah tidak langsung tampil di majalah online sebelum disetujui oleh moderator. Tuliskan: Foto Gunadarma pada post tag.

5. Setiap peserta dapat membuat artikel paling banyak 3 artikel dengan tema yang berbeda. Tulisan dapat berupa reportase atau opini dengan panjang tulisan berkisar antara 8000 sampai 10000 karakter. Artikel atau tulisan merupakan karya asli, bukan terjemahan ataupun saduran, tidak melanggar etika dan peraturanperundangan, dan tidak dipublikasi di media lain selain di blog pribadi masing-masing mahasiswa peserta lomba. 

6. Jika Anda memiliki akun pribadi di social media (blog, facebook, twitter, dll), buat link atau share artikel di majalah online tersebut di akun social media yang dimiliki Anda. Pencantuman link di blog pribadi atau share di akun social media serta jumlah komentar dan status: “like this” pada akun tersebut menjadi salah satu kriteria lomba.
7. Tulisan atau artikel merupakan karya orisinal dari peserta lomba, tidak melanggar peraturan dan perundangan, atau melanggar hak karya intelektual orang lain. Administator blog fotografi berhak menghapus postingan yang diindikasikan melanggar peraturan dan perundangan.

8. Panitia lomba dan pengelola majalah online tidak bertanggung jawab terhadap implikasi hukum dari postingan peserta lomba.

9. Penentuan pemenang akan ditentukan oleh juri yang ditunjuk oleh panitia lomba. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

10. Pemenang Lomba fotografi akan diumumkan paling cepat dua minggu setelah batas akhir perlombaan ini.

Untuk Lomba menulis di blog berikut ini pengumuman lengkapnya:

Lomba Menulis Artikel di Blog Pribadi

Tema sentral lomba adalah “Gunadarma , Masyarakat, dan Lingkungan”. Setiap artikel dapat mengambil sub tema berikut ini:
1. Perkembangan fasilitas TIK di UG
2. Peran UG dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
3. Peran UG dalam membangun masyarakat informasi di Indonesia

Ketentuan Lomba
1. Lomba ini terbuka bagi mahasiswa Universitas Gunadarma D3 maupun S1 seluruh program studi. Pemenang lomba dibagi menjadi dua kelompok yaitu: (a) Mahasiswa baru atau Tingkat I dan (b) Tingkat II ke atas.
2. Setiap peserta hanya boleh memilih salah satu dari tema di atas dan mengirimkan 1 judul saja dari karya terbaiknya 
3. Artikel lomba ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik
4. Isi artikel harus relevan dengan tema yang dipilih dan diposting pada kurun waktu 24 Desember 2014 sampai 31 Januari 2015
5. Panjang artikel antara 8.000-15.000 karakter 
6. Peserta lomba adalah perorangan, bukan kelompok
7. Merupakan karya asli, bukan terjemahan ataupun saduran. Penjiplakan atas karya orang lain dalam bentuk apa pun, tidak dibenarkan, dan panitia berhak membatalkan keikutsertaannya dalam lomba ini.
8. Artikel belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun 
9. Artikel diposting di Blog Mahasiswa yang mempunyai link ke website Universitas Gunadarma.
10.Artikel Pada naskah atau posting tersebut terdapat tautan (link/blogroll) ke website Universitas Gunadarma (www.gunadarma.ac.id) atau tautan website UG lainnya seperti studentsite.gunadarma.ac.id, baak.gunadarma.ac.id
11.Setelah artikel diposting, peserta wajib melakukan pendaftaran melalui email studentsite ke alamat email bapsi@gunadarma.ac.id dengan Subject: Registrasi Peserta Lomba Artikel dan isi email Nama, NPM, Kelas, Telp, Judul Artikel dan Alamat Blog
12.Pendaftaran terakhir dilakukan hingga tanggal 31 Januari 2015 pukul 24.00. 
13.Informasi selengkapnya dapat menghubungi alamat email bapsi@gunadarma.ac.id.
14.Pemenang akan diumumkan dengan waktu dan tempat akan diinformasikan kemudian.

Demikian. Semoga info lomba ini bermanfaat.