Lomba Menulis untuk Jurnalis, Blogger dan Mahasiswa dari AJI

Ini lomba menuis yang diadakan untuk jurnalis, blogger dan mahasiswa. Lomba menulis ini berkaitan dengan masalah keadilan informasi: Hasil Pemantauan Iklan Capres serta Pembelajarannya bagi Media Massa dan Masyarakat SatuDunia. Penyelenggaranya adalah AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Jakarta.

Latar belakang diadakannya lomba menulis ini adalah sebagai berikut. Kita tahu, bahwa pemilihan Umum Presiden (Pilpres) memang sudah lewat. Namun Pilpres masih meninggalkan sejumlah permasalahan yang tak boleh dilupakan. Salah satunya mengenai kampanye oleh kedua calon presiden di media massa yang menjadi konsumsi publik. Dalam kampanye tersebut, ada pelanggaran regulasi iklan kampanye, ada penyalahgunaan frekuensi publik, ada pula masalah aturan dana kampanye.
lomba menulis untuk jurnalis, blogger dan mahasiswa

Lomba Menulis untuk Jurnalis, Blogger dan Mahasiswa dari AJI

Hingga saat ini belum ada pembahasan yang rinci mengenai hal iklan para capres pada pemilu 2014berdasarkan riset dan pemantauan di media massa.

SatuDunia, organisasi masyarakat sipil yang antara lain bergerak di bidang keadilan informasi, telah melakukan pemantauan iklan para kandidat presiden sejak sebelum kampanye hingga hari pemungutan suara. Pemantauan iklan ini terhadap media cetak dan elektronik di lima daerah: Jakarta, Banjarmasin, Makassar, Surabaya, dan Medan.

Pemantauan yang berlangsung dari 23 Mei sampai 19 Juli 2014 ini dilakukan terhadap 8.800 iklan di mediacetak, radio, dan televisi. Pemantauan ini dilakukan dengan merekam siaran televisi dan radio yang mewakili populasi media untuk beriklan di lima wilayah yang menjadi fokus pemantauan. Hasil pemantauan ini telah tersedia di situs iklancapres.org.

Di dalam situs tersebut, kami menyediakan sejumlah kanal yang memudahkan pengguna untuk mencari informasi sesuai kebutuhannya. Situs ini kami sediakan untuk publik yang ingin menindaklanjuti hasil penelitian kami. Apakah untuk kepentingan penelitian, advokasi kebijakan, pemantauan pelaksanaan kode etik dan kode perilaku jurnalis dan media, hingga pemantauan seputar pemenuhan janji presiden terpilih.

Data-data yang tersedia di dalam situs ini seputar nilai/biaya iklan yang dikeluarkan oleh setiap pasangan capres di media cetak dan elektronik di masing-masing daerah maupun secara keseluruhan secara nasional.Nilai tersebut berdasarkan hitungan tim riset SatuDunia berdasarkan biaya pemasangan iklan di setiap media yang dipantau. Situs ini juga menyediakan informasi tentang tayangan iklan kampanye berdasarkan kurun waktu masa kampanye sampai masa tenang hingga sesudah hari pemungutan suara. Dan masih banyak informasi lain yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sipil untuk melakukan advokasi kebijakan.

Melihat konten yang ada di dalam situs ini dan temuan yang dimiliki oleh tim peneliti, AJI Jakarta dan SatuDunia menggelar lomba jurnalistik dan lomba penulisan bagi blogger tentang iklan capres selama Pilpres 2014. Lomba ini digelar untuk menyebarluaskan informasi di dalam situs iklancapres.orgsekaligus mendorong gagasan keadilan informasi bagi publik.

APa tujuan lomba menulis ini? 

1. Memaparkan hasil riset iklan capres yang dilakukan oleh SatuDunia di media cetak dan elektronik di lima daerah (Jakarta, Banjarmasin, Makassar, Surabaya, dan Medan).
2. Mengangkat masalah iklan capres di media massa serta perilaku media dalam menayangkan iklan para capres. Termasuk di dalamnya isu seputar penggunaan frekuensi milik publik, biaya iklan, konteniklan, regulasi iklan kampanye, dan dan independensi media.
3. Mengajak masyarakat dan jaringan masyarakat sipil untuk menggunakan data ini sebagai bentuk pemantauan publik terhadap regulator pemilu maupun media massa.

Siapa sasarannya?
Lomba ini diharapkan diikuti oleh:
1. Para jurnalis dari media cetak dan online di Jakarta dan daerah.
2. Blogger Indonesia
3. Mahasiswa dan jaringan pers mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya.

D. Ketentuan Lomba
1. Jurnalis dan blogger yang akan mengikuti lomba ini diharapkan mengikuti diskusi publik yang digelar oleh Satudunia-AJI Jakarta pada Kamis, 11 September 2014, di Eatology, Jl. H. Agus Salim No. 22 D-E Sabang, Jakarta Pusat, pukul 12.00 WIB. Kehadiran jurnalis dan blogger perlu memberikan konfirmasi melalui email ajijak@cbn.net.id atau twitter @aji_jakarta
2. Apabila tidak mengikuti diskusi, lomba ini dapat diikuti dengan mengulas hasil pemantauan iklan capres yang tersedia di situs iklancapres.org.
3. Jurnalis hanya dapat mengikuti satu kategori lomba, yakni lomba jurnalistik.
4. Lomba penulisan untuk blogger disediakan untuk peserta non jurnalis seperti mahasiswa, profesional, dan jurnalis warga.

Waktu penting
1. Masa Lomba: 11 – 21 September 2014
2. Masa Penjurian: 22-24 September2014
3. Pengumuman Lomba: 25 September 2014
4. Pembagian hadiah : 26 September 2014

Hadiah Lomba Jurnalistik
1. Pemenang I Tablet (Senilai Rp. 2.500.000) + Piagam penghargaan
2. Pemenang II Tablet (Senilai Rp. 1.500.000) + Piagam penghargaan
3. Pemenang III Tablet (Senilai Rp. 1.000.000) + Piagam penghargaan

Hadiah Lomba Blog
1. Pemenang I Tablet (Senilai Rp. 2.500.000) + Piagam penghargaan
2. Pemenang II Tablet (Senilai Rp. 1.500.000) + Piagam penghargaan
3. Pemenang III Tablet (Senilai Rp. 1.000.000) + Piagam penghargaan
Ini Kriteria Lomba Jurnalistik:
1. Kompetisi terbuka untuk wartawan media cetak dan online.
2. Peserta adalah Warga Negara Indonesia
3. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 tulisan.
4. Tidak ada batasan usia.
5. Peserta wajib menjadi follower Twitter @satudunia, @aji_jakarta & sudah like Fanpage Facebook iklancapres.org
6. Peserta memuat tulisannya di media masing-masing.
7. Di dalam tulisan, minimal ada satu kata/frase “iklancapres.org”.
8. Berita tersebut harus sesuai dengan tema dan memiliki aspek originalitas berdasarkan informasi dari narasumber yang kredibel.
9. Tulisan belum pernah dipublikasikan di mana pun.
10. Berita online atau yang memiliki versi online, peserta lomba wajib share judul dan shortlink tulisan di Twitter dengan mention @satudunia #iklancapres #keadilaninformasi
12. Peserta mengirim URL lengkap postingan dengan mengisi form di halaman pendaftaran di www.iklancapres.org.
13. Tulisan tidak boleh bermuatan SARA.
15. SatuDunia berhak untuk menggunakan hasil karya jurnalistik peserta lomba ini untuk kepentingan penelitian atau semacamnya dengan menyebutkan sumber berita/media.
16. SatuDunia berhak untuk mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang dianggap melanggar sebagian atau seluruh syarat dan ketentuan kompetisi ini.
17. Disclaimer: isi tulisan di luar tanggung jawab Satu Dunia.

Dan ini Kriteria Kompetisi Blogger:
1. Kompetisi terbuka untuk para blogger di Indonesia
2. Peserta adalah Warga Negara Indonesia
3. Tidak ada batasan usia
4. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 tulisan.
5. Peserta menjadi follower Twitter @satudunia, @aji_jakarta & sudah like Fanpage Facebook iklancapres.org (Beberapa informasi terkait lomba akan digulirkan di medsos ini)
6. Di dalam tulisan blog yang dilombakan, minimal ada satu kata/frase “iklancapres”.
7. Karya tulisan di blog adalah hasil karyasendiri, bukan saduran apalagi plagiat.
8. Karya tulisan di blog harus sesuai dengan tema lomba, yakni seputar iklan capres.
9. Tulisan belum pernah dipublikasikan di mana pun.
10. Tulisan ditulis dalam bahasa Indonesiayang baik dan benar.
11. Tulisan pada blog bisa dikirim dengan men-share judul dan shortlink tulisan di Twitter dengan mention @satudunia #lombajurnalistik #iklancapres
12. Kirim URL lengkap postingan dengan mengisi form di halaman pendaftaran di www.iklancapres.org.
13. Tulisan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun juga.
14. Tulisan tidak boleh bermuatan SARA.
15. SatuDunia berhak untuk menggunakan seluruh tulisan peserta yang diikutsertakan dalam kompetisi ini untuk kepentingan penelitian atau publikasi SatuDunia dengan menyebutkan sumber berita/media.
16. SatuDunia berhak untuk mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang dianggap melanggar sebagian atau seluruh syarat dan ketentuan kompetisi ini.
17. Disclaimer: isi tulisan di luar tanggung jawab SatuDunia.

Bagaimana mekanismenya? Mari kita cermati baik-baik
1. Penilaian tulisan terbaik akan dilakukan oleh tim yang akan dibentuk SatuDunia berdasarkan isi penulisan, kesesuaian tema, minimal pencantuman keyword, dan gaya tulisan.
2. Hasil karya tulisan jurnalistik maupun blog paling lambat diterima pada tanggal 21 September pukul 00.00 WIB, dengan mengirimkan hasil karya dalam bentuk berita yang telah discan dengan format .pdf ke email misan@satudunia.net atau jika memang tulisan tersebut ada dalam bentuk online bisa di-share judul dan shortlink tulisan di Twitter dengan mention @satudunia #lombajurnalistik #iklancapres.

J. Juri
Juri lomba menulis untuk jurnalis dan blogger ini adalah:
1. Anwari Natari dan tim Satudunia,
2. Savic Ali, Pemred Voice+ dan GusDurian, dan
3. Umar Idris, Ketua AJI Jakarta

Ada pertanyaan seputar lomba menulis untuk jurnalis blogger dan mahasiswa ini atau apa silahkan sampaikan ke SatuDunia, Jl. Tebet Utara II No. 6 Jakarta Selatan 12820 Telp./Fax. 021-83705520 Email. webmaster@satudunia.net www.satudunia.net Facebook: http://www.facebook.com/satudunia.foundation Twitter: @satudunia