Festival Ilmiah Mahasiswa 2014 Universitas Sebelas Maret

Nama Kegiatan: FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) STUDI ILMIAH MAHASISWA (SIM) UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2014

Tema: “Implementasi Karya Mahasiswa di Bidang Iptek, Seni, dan Budaya dalam Rangka Mewujudkan Generasi Muda Bermanfaat”.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Bermanfaat (LKTI N B)

lomba karya tulis ilmiah nasional 2014

Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) merupakan organisasi berbasis penalaran dan penelitian mahasiswa UNS dimana mempunyai visi berprestasi dan bermanfaat yang dalam program kerjanya telah tersusun beberapa kegiatan, diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional Bermanfaat (LKTIN B). LKTIN ini tergabung dalam serangkaian kegiatan FILM 2014 yang mengusung tema “Implementasi Karya Mahasiswa di Bidang Iptek, Seni, dan Budaya dalam Rangka Mewujudkan Generasi Muda Bermanfaat”. Dengan tema ini diharapkan adanya perpaduan antara inovasi, kreatifitas yangdapat memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat.
LKTIN ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baik PTN maupun PTS di seluruh Indonesia. Penyeleksian karya tulis melalui 3 tahap, yaitu:
1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi 10 besar karya tulis terbaik
3. Seleksi Penentuan juara 1, 2,3.

Pengumuman pemenang dapat langsung diumumkan pada hari berikutnya dan diambil juara 1, 2, 3 serta juara favorit.
Penghargaan yang akan diperoleh peserta:
Juara I : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 3.500.000,-
Juara II : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 3.000.000,-
Juara III : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 2.500.000,-
Juara Favorit : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 500.000,-

download disini PANDUAN LOMBA FILM 2014


Lomba Esai Nasional

Sebuah produk yang bagus pastilah terlahir dari gagasan yang luar biasa pula. Oleh karena itu dalam serangkaian acara ini mahasiswa dari seluruh PTN dan PTS yang ada Indonesia dapat menuangkan gagasannya pada lomba esai. Berawal dari esai ini diharapakan dapat terus dikembangkan dan bahakan ada folow up dan tidak hanya sebatas wacana saja.

Berikut ini tahapan seleksi lomba esai tingkat nasional:
Seleksi Administrasi
Seleksi 10 besar esai
Seleksi Penentuan Juara 1, 2, 3

Penghargaan yang akan diperoleh peserta:
Juara I : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 2.000.000,00
Juara II : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 1.500.000,00
Juara III : Piala Rektor + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp 1.000.000,00

download disini PANDUAN LOMBA FILM 2014




Lomba Poster Mahasiswa UNS

Poster menjadi salah satu media yang menarik untuk mengajak orang lain melakukan suatu gerakan. Salah satu tujuan dari kegiatan ini merupakan untuk meningkatkan iklim keilmiahan di Universitas Sebelas Maret. Dengan demikian, poster yang dibuatpun haruslah menunjukkan sebuah ajakan kepada mahasiswa untuk turut berkarya, menuangkan ide dan kreatifitasnya untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Lomba Esai ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta, baik individu maupun tim yang terdiri dari dua orang. Adapun tema yang diangkat yaitu “Save our Indonesian Science dan Technology, Art, and Culture” tahapan. Tahapan seleksinya sebagai berikut:
Seleksi 10 karya terbaik
Seleksi Penentuan Juara 1, 2, 3

Penghargaan yang akan diperoleh peserta:
Juara I : Piala Rektor + Vendel + Uang Pembinaan Rp 1.500.000,-
Juara II : Piala Rektor + Vendel + Uang Pembinaan Rp 1.000.000,-
Juara III : Piala Rektor + Vendel + Uang Pembinaan Rp 500.000,-

download disini PANDUAN LOMBA FILM 2014

Pameran Produk dari UKM Keilmiahan Fakultas

Hampir semua fakultas di Universitas Sebelas Maret mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa di bidang keilmiahan, antara lain LSP (Lingkar Studi Pendidikan) dari FKIP, KEI (Kajian Ekonomi Islam) dari Fakultas Ekonomi, KSP Principium dari Fakultus Hukum, dan sebagainya. UKM tersebut menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk saling berdiskusi, berkarya, berprestasi, dan tentunya juga bermanfaat. Dalam beberapa tahun terakhir ini, tentunya mereka telah menghasilkan sebuah karya yang dapat menginspirasi banyak mahasiswa sehingga dengan acara ini mereka dapat turut berbagi ilmu, pengalaman, dan pengetahuan kepada mahasiswa lain.

Jadwal Expo Grya Ilmi:

Pameran Poster, Penilaian (voting dan juri), dan pengumuan

Hari, tanggal : Jumat, 21 November 2014

Tempat : Auditorium UNS

Expo Grya Ilmi Festival Ilmiah Mahasiswa UNS 2014

UNS sebagai salah satu PTN dimana mahasiswanya pada setiap tahun mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) baik bidang penelitian, teknologi, kewirausahaan, maupun pengabdian masyarakat yang dapat didanai oleh dikti untuk melaksanakan PKM tersebut. Salah satu diantaranya, banyak PKM M yang didanai oleh DIKTI untuk dilaksanakan. Tidak hanya PKM saja, pada tahun ini pun, UNS dapat didanai untuk melaksanakan Proposal Hibah Bina Desa (PHBD) yang diajukan dan diseleksi terlebih dahulu.Pengabdian masyarakat ini selayaknya penting dilaksanakan oleh mahasiswa dimana telah tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dari pengabdian masyarakat lah, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu dan karya-karya mereka yang telah didapat dari kampus yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai partisipasi mahasiswa dan dapat mengembangkannya dalam rangka membangun bangsa Indonesia yang mandiri.

Melihat pentingnya hal tersebut maka dalam serangkaian acara FILM 2014 ini, penyelenggara menyelenggarakan kegiatan Expo Grya Ilmi yang meliputi :
Pameran Produk KTI Bermanfaat

Dalam acara FILM tahun ini, SIM mengangkat konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana karya yang dikompetisikan hanya terbatas pada ide atau gagasan yang dituangkan dalam tulisan karya ilmiah. Akan tetapi pada lomba karya tulis bermanfaat ini, peserta dituntut untuk bisa menunjukkan produk yang ia buat, sehingga tidak hanya terbatas pada tulisan saja. Tulisan yang dibuat dibuktikan dengan produk, atau prototype yang bisa dipamerkan. Jika karya tulis yang dibuat merupakan pengabdian masyarakat, dapat menyertakan dokumentasi pelaksanaannya dalam bentuk video maupun foto yang dipajang pada stand yang telah disediakan.

Dengan demikian, mahasiswa UNS yang hadir dalam pameran dapat langsung berinteraksi dengan para peserta. Tidak hanya menyaksikan karyanya saja, tetapi juga dapat mengajukan pertanyaan secara langsung kepada peserta, kemudian memberikan voting bagi peserta LKTI N B yang menarik untuk diperoleh pemenang favorit.

Pameran PKM lolos Dikti

Selama beberapa tahun terakhir, prestasi UNS semakin meningkat, dibuktikan dengan semakin banyaknya proposal PKM yang berhasil lolos dan didanai olek Dikti. Akan tetapi, tidak banyak mahasiswa lain yang mengetahui jejak karya maupun kiprah mereka. Oleh karena itu, pameran ini menjadi wadah sekaligus ajang bagi mereka untuk menunjukkan hasil karya mereka. Harapannya, dapat saling menginspirasi sekaligus memotivasi mahasiswa lain untuk turut menuangkan ide, berkarya, dan mengimplementasikannya dalam masyarakat.

Setiap peserta pameran diwajibkan membawa produk hasil penelitian maupun pengabdiannya. Dengan demikian setiap pengunjung berhak melihat dan bertanya langsung kepada setiap peserta pameran.

Dalam acara ini, akan di pilih tiga produk terfavorit menurut pengunjung dengan hadiah sebagai berikut:
Favorit I : Uang Pembinaan Rp 1.000.000,-
Favorit II : Uang Pembinaan Rp 750.000,-
Favorit III : Uang Pembinaan Rp 500.000,-

Info More :

Gd. PORSIMA lt. 1, Komplek Student Center
Universitas Sebelas Maret,
Jl. IR sutami no 36 A. SURAKARTA. INFO : 0856-0205-8410 (Fajar)