Lomba Menulis Cerita Anak Perpusnas 2014

Lomba Menulis Cerita Anak - Perpustakaan Nasuional RI ikut berperan dalam pembentukan karakter bansa dan aktif melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca, juga kreatifitas yang salah satunya adalah dengan dilasakannnya berbagai event. Nah, kali ini event atau ajang yang sedang diadakan oleh perpusnas adalah lomba menulis. Lomba menulis ini diadakan dalam rangka menyambut Hari kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2014. 

Perpusnas menyelenggarakan kegiatan dengan tajuk: Lomba Menulis Cerita Anak bagi Pustakawan dan Guru se Jabodetabek. Apa tujuan lomba ini? tidak alain adalah agar karya cerita anak dari para pustakawan, dan juga guru dapat memberikan sumbangan bagi perkembangan wawasan generasi muda dan bangsa menuju ke arah yang lebih baik dan cemerlang melalui khasanah cerita anak yang bermutu dan menghibur.

lomba menulils cerita anak 2014
Ketentuan Lomba: 
  • Lomba ini ditujukan bagi para pustakawan dan guru yang ada dijabodetabek. 
  • Peserta wajib untuk melampirkan surat keterangan dari instansi/sekolah/lembaga bahwa yang bersangkutan memang bekerja sebagai pustakwan/guru. 
  • Tema utama lomba ini adalah "Ketincaan terhadap budaya Indonesia, sedang tema turunannya bebas, namun dapat dikembangkan sesuai tema utama tersebut. 
  • Naskah ditulis dalam bahasa indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa alay lho ya. Naskah harus asli, karya sendiri, original, bukan terjemahan, apalagi plagiat. Dan naskah juga belum pernah diterbitkan di manapun (media cetak/elektronik) dan tidak sedang diikutkan dalam lomba nulis lainnya. 
  • Naskah bebas dari unsur pornografi, fitnah, sara, kekerasan, eksploitasi anak, seks dan lai-lain yang tidak sesuai adat, norma, susila, dan akhlak. 
  • Kriteria penilaian: Tema cerita, karakter, tokoh, alur cerita, keaslian, keunikan cerita, pesan moral, dan lain sebagainya. 

Lomba ini gratis. keputusan juri tidak bisa diganggung dan digugat di MK sekalipun. 

ketentuan teknis: 
  • Peserta maksimal hanya boleh ngrim 2 naskah. naskah cerita anak dalam format cerita pendek. panajangnya maksimal 7000 karakter dan paling pendek 5000 karakter atau 5-7 halaman kerta kuarto. font times nwes roman 12 PT, spasi dobel. 
  • Cantumkan nama eserta lomba, alaamt, pekerjaan, nama dan alamat instansi/sekolah, no telepon peserta no rekening bank di halaman terakhir naskah. lampirkan file naskah biorgafi singkat penulis, surat keterangan sebagai pustakawan/guru, ktp/kartu data pengenal. 
  • Bila naskah dikirim via email, surat keterangan pustakawan.guru/ktp discan/dan foto terbaru penulisnya juga. naskah dikirim secara soft copy (file/attach) ditujukan ke panitia lomba menulis cerita anak perpustakaan nasional 2014 dengan alamat email: lomba_menulis@pnri@go.id dan lombamenulisperpusnas@yahoo.co.id dengan mencantumkan judul subjek: "Naskah Lomba Menulis Cerita Anak Perpustakaan Nasional RI 2014. 
  • Jika dikirim hard copy kirimkan saja ke alamat: Panitia Lomba Perpustakaan Nasional RI 2014 a.n Ibu Jli Nainggolan di Perpustakaan Nasional RI Layanan Keanggotaan Lt 1 Jl. salemba Raya no 28 A Jakarta Pusat dengan mencantumkan subjek di kiri amplop: naskah Lomba Menulis Cerita anak Perpustakaan nasional RI 2014." Pengriman karya dimulai pada mei 2014, dan ditutup 31 Agustus 2014. 

Pengumuman pemenang lomba: Nantinya seluruh karya yang masuk ke panitia akan diseleksi oleh dewan juri, untuk mendapatkan 20 cerita, nominator yang akan diterbitkan dalam 1 buku kumpulan cerita anak. Nama nominator dari 20 tulisan akan dumumkan di web pnri.go.id. 

Hadiah bisa dilihat di poster: Yang jelas total hadiahnya jutaan rupiah. juara 1 saja dapat Rp. 5 juta.

Deadline lomba menulis ini sampai 31 Agustus 2014 pkl 24:00.

Untuk bisa melihat pengumuman lomba menulis cerita anak tersebut lebih jelas, mohon file pengumuman di save as terlebih dahulu ke komputer / laptop).