Lomba dan Audisi Naskah Komedi Deadline 31 Maret 20014


Lomba Menulis | Audisi Naskah - Kesempatan bagi para pemegang UCC UnsaCommunity Card (kartu anggota Unsa) untuk mendapat hadiah uang tunai ratusan ribu jika terpilih sebagi naskah terbaikpilihan juri. Tapi yang belum punya UCC boleh juga kok ikutan audisi.

Audisinaskah kali ini kamu diminta untuk membuat sebuah cerita pendek (fiksi) seputarprofesi dari tokoh dalam cerita yang kamu pilih, yang tentu saja berceritaseputar kejadian tergokil yang pernah mereka alami, atau jatuh bangun si tokohdalam menjalani profesinya dan akan mendapat nilai plus jika diwarnai jugadengan kisah cinta si tokoh tersebut. Untuk profesinya kamu bebas pilih kok,mulai dari tukang bakso, tukang becak, Cleaning Service, Tukang Cukur sampaiDokter atau Lawyer juga boleh. Pokoknya semua profesi masyarakat yang ada ditanah air sah-sah saja untuk diangkat jadi cerita yang tergokil yang pernahada.

Simakyuk syarat-syarat mengikuti lombanya:

- Tema cerita: “Lucunyaprofesiku.”
- Naskah yang diinginkan selain lucu juga mengangkat nilaiplus profesi tersebut (bukan melecehkan apalagi merendahkan).
-Ending cerita tidak harus berakhirdengan sukses atau happy ending,karena kegagalan adalah kesuksesan juga, tapi kesuksesan yang tertunda.
- Sudut pandang bercerita (POV): Bebas.
- Gaya bahasa atau pemilihan kata sederhana, lucu dankomedinya up to date. Seperti bahasa yang digunakan di dalam novel“Cireng Forever” (novel perdana Unsa).
- Panjang naskah 6-8 halaman, kertas A4, spasi 1,5 font TNR,margin 3-3-3-3 (Top-Left-Bottom-Right) satuan dalam centi meter.
-Di akhir naskah (boleh di halaman 9) sertakan biodata narasisecukupnya disertai nomor UCC (jika ada) + nama + alamat + kode pos. Sertakanjuga nama akun fb dan akun twitter kamu agar mudah dihubungi jika naskah lolos.
-Nama file naskah dibuat mengikuti format: Judul Naskah + NamaPenulis + Nomor UCC jika ada. Contoh: PenjualBakso jadi Selebritis + Haris Firmansyah + UCC 62 - 00222
- Kirim naskah berupa file .doc atau .docx berupa attachmentke email:profesikomedi@gmail.com dengan subyek#KomediProfesi. Badan email dibiarkan kosong (jangan ditulis apapun).
- 1 peserta hanya boleh mengirim 1 cerpen terbaiknya.
- Jika naskah sudah terkirim via email peserta diharuskanmembuat mention melalui twitter berupa pemberitahuan judul naskah yang dikirimcontoh: “Hai admin keren, daku sudahkirim cerpen Penjual Bakso jadi Selebritis”, lalu mention akun penyelenggarayaitu: @unsa27 dan @harishirawling, di akhir naskah tuliskan hastag#KomediProfesi.
-Segala bentuk pertanyaan sepanjang lomba hanya dilayani jikabertanya ke akun twitter @harishirawling selaku PJ naskah.
- Lomba dimulai 1 Februari 2014 dan berakhir 31 Maret 2014pukul 12 Siang (2 bulan).
- Update daftar nama peserta yang mengikuti lomba sebanyak 2kali selama lomba berlangsung (diumumkan sewaktu-waktu) di grup UNSA.
-Hadiah untuk 3 naskah terbaik pilihan juri akan mendapat uangtunai @ Rp 100.000,- Tapi, jika pemenang memiliki UCC maka masing-masing naskah terbaik akan kami tambahkan uangtunai sebesar @ Rp 200.000,-  atau total per orang Rp 300.000,-
-Dicari 10-15 naskah untuk ditawarkan kepada penerbit mayor.
- Hadiah untuk semua naskah yang lolos berupa royaltypenerbitan (jika naskah sudah diterbitkan) dan 1 eksemplar buku tanda terbit.

 Bagi kamu yang belum punya UCC dan ingin memlikinya, silakanmendapatkannya di dalam buku pemenang Cerpen Pilihan Unsa 2013 berjudul“Hoppipolla” tersedia di Gramedia atau pesan via pos melalui Crew Unsa.

Selamat menulis,
Crew Unsa & PJ Naskah.
lihat juga informasi ini di https://www.facebook.com/notes/haris-firmansyah-hirawling/audisi-naskah-komedi-profesi/10151870890501727 - Lomba dan Audisi Naskah Komedi Deadline 31 Maret 20014