Penerbitan Antologi PUISI MENOLAK KORUPSI Jilid II

  • Kawan-kawan,
    Mempertimbangkan desakan sejumlah pihak serta merespon berbagai kalangan utamanya kawan-kawan penulis puisi, saya bakal mengkoordinir penerbitan Antologi PUISI MENOLAK KORUPSI Jilid II.
    Ini merupakan upaya lebih lanjut merangkum puisi bertema anti korupsi yang belum sempat dikirim, lantaran keterbatasan penulisnya mengakses informasi semacam itu (saat saya menerbitkan Antologi PUISI MENOLAK KORUPSI Jilid I, karya 85 Penyair Indonesia, Mei 2013 lalu).
    Berdasar pengajian terhadap proses penerbitan sebelumnya, bagi kawan-kawan yang ingin bergabung dalam Penerbitan Antologi PUISI MENOLAK KORUPSI Jilid II, saya informasikan sejumlah hal:

    1. Kian sistemik & canggihnya laku korupsi, penerbitan ini mendesak dilakukan sebagai media gerakan yang mempresentasikan seruan moral kepada masyarakat, agar secara filosofis dan bermartabat turut mewaspadai munculnya mental korupsi sejak dini, serta mencegah perilaku korup yang lebih akut. Penerbitan ini kita proporsikan sebagai gerakan kultural, melengkapi gerakan yang dilakukan sejumlah masyarakat berikut medianya (hukum, politik, jurnalistik, agama, intelektualitas dll). Penerbitan ini juga menjadi sarana bagi penyair menyatakan sikap tegas menolak korupsi.
    2. Di samping penerbitan, nantinya juga kita kompliti dengan ROAD SHOW (launching, baca puisi, dan diskusi soal korupsi) di beberapa kota, melibatkan pihak yang berkompeten & masyarakat umum. (Detilnya akan kita matangkan bersama).
    3. Kegiatan ini bersifat independen, nirlaba, berdasarkan kemandirian individu yang menjunjung tinggi azas kebersamaan. Oleh karena itu sebagaimana yang terlakoni pada Jilid I, penerbitan ini juga akan dibiayai bersama-sama oleh penyair yang karyanya dimuat dalam antologi itu nantinya.
    4. Di samping mengirim karya bertema anti korupsi, pada tahap selanjutnya (usai seleksi), kawan-kawan yang karyanya lolos saya mohon berkenan mengirim iuran untuk ongkos cetak/penerbitan minimal Rp 150.000,-
    5. Iuran kawan-kawan itu akan saya kembalikan dalam bentuk Buku Antologi PUISI MENOLAK KORUPSI Jilid II, yang jumlah eksemplarnya sebanding dengan nominal iuran tersebut.
    6. Seluruh proses, sejak penerimaan karya, seleksi, hingga managemen administrasi untuk ongkos cetak/ penerbitan akan saya laporkan secara transparan melalui FB: Leak Sosiawan, FB Grup: PUISI MENOLAK KORUPSI, di samping saya kirim ke email kawan-kawan.
    7. Guna menjaga kwalitas penerbitan agar secara tematik dan puitik tetap proporsional sebagai buku puisi, saya akan melakukan seleksi obyektif atas seluruh puisi yang masuk (mohon kebesaran hati dan kerelaan kawan-kawan).
    8. Kesediaan kawan-kawan berpartisipasi dan mengirim karya puisi saya tunggu hingga 31 Juli 2013.

    9. Puisi kawan-kawan sebanyak 5 judul atau lebih (berikut biodata, serta foto diri, alamat email, facebook & no hp) mohon dikirim ke:
    email: sosiawan.leak@yahoo.com
    atau inbox FB: Leak Sosiawan

    Salam hangat, doa kuat!
    Sosiawan Leak