Lomba Menulis Juli 2013 (Green Competition)





Syarat dan Ketentuan Umum
Green Competition 2013
"Energi Bersih dan Terbarukan untuk Indonesia: Aksi Lokal untuk Dampak Global"

A. Feature Writing
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-24 tahun
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet
  4. Karya harus sesuai dengan tema Green Competition 2013, yakni "Clean and Sustainable Energy for Indonesia: Local Act for Global Impact"
  5. Karya harus membahas salah satu dari subtema berikut ini: Green Energy, Green Micro-Financing, dan Green Productivity
  6. Karya harus terdiri dari minimal 700 kata, dan maksimal 1,000 kata.
  7. Karya harus diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc), dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)
  8. Karya harus orisinil dan tidak memiliki unsur plagiarisme, tidak mengandung unsur SARA dan pronografi.
  9. Karya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  10. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya
  11. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi
  12. Pengiriman karya harus disertakan dengan formulir peserta kompetisi (yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) dan hasil scan kartu identitas diri. Karya, formulir peserta kompetisi, dan hasil scan kartu identitas diri wajib dikirim melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
  13. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB
  14. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  15. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat
B. Photo Story
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-24 tahun
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet
  4. Foto harus sesuai dengan tema Green Competition 2013, yakni "Clean and Sustainable Energy for Indonesia: Local Act for Global Impact"
  5. Foto harus meng-capture salah satu dari subtema berikut ini: Green Energy, Green Micro-Financing, dan Green Productivity
  6. Foto wajib dicetak di atas kertas foto ukuran 4R
  7. Foto wajib disimpan dalam bentuk file digital dengan ketentuan sebagai berikut: panjang dan lebar minimal 1024 pixels, resolusi 500 DPI, dan disimpan dalam format JPG/JPEG pada skala 12 (High Quality)
  8. File digital foto wajib di-burn ke dalam CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW
  9. Peserta wajib menuliskan judul dan narasi mengenai foto mereka pada selembar kertas A4. Narasi foto harus mencantumkan nama lokasi (desa, kecamatan, kabupaten, provinsi), nama orang yang difoto (jika ada) beserta umur, dan keterangan mengenai foto yang diambil. Keterangan foto diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)
  10. File digital judul dan narasi foto wajib di-burn ke dalam CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW (bersama dengan file digital foto)
  11. Foto, judul, dan narasi foto harus orisinil dan tidak memiliki unsur plagiarisme, tidak mengandung unsur SARA dan pronografi.
  12. Judul dan narasi foto harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  13. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya
  14. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi
  15. Peserta wajib mengisi dan mem-print formulir peserta kompetisi yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (www.biru.or.id)
  16. Peserta wajib mengirimkan hasil cetak foto, judul dan narasi foto, CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW (yang berisi file digital foto beserta judul dan narasinya), formulir peserta kompetisi, dan fotokopi kartu identitas diri ke alamat berikut ini: Yayasan Rumah Energi , Jalan Kemang Selatan XII no. 12, Jakarta 12560
  17. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB
  18. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  19. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat
  20. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, level, dogde / burn dan saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek foto. Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi / hasil olahan dari beberapa file (montase).
  21. Tidak diperbolehkan mencantumkan nama/judul atau tulisan, grafis atau penanda apapun yang nampak dalam foto. Data peserta dicantumkan dengan jelas di formulir pendaftaran.
C. Campaign-kit Design
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-35 tahun.
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet .
  4. Karya harus mencantumkan tagline "Give People Power". Kata "Power" dalam tagline bermakna ganda; yaitu power dalam arti energi, karena Yayasan Rumah Energi membuka akses energi baru terbarukan kepada masyarakat, dan power bisa juga berarti daya atau kekuatan. Artinya, dengan memiliki akses ke energi, masyarakat akan semakin berdaya dan bisa melakukan kegiatan yang produktif sehingga lebih sejahtera dan dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat sekitarnya.
  5. Karya desain wajib: Sebuah logo yang merepresentasikan ‘Give people power’. Logo tersebut lalu diaplikasikan ke dalam produk wajib yang terdiri dari poster, web banner, postcard, stiker, pin, dan mug.
  6. Karya harus mencantumkan spesifikasi bahan bagi produk kampanye yang diusulkan. Usulan bahan yang ramah lingkungan lebih disukai.
  7. Karya dikirimkan dalam bentuk PDF high-resolution. Jika Anda terpilih menjadi finalis, maka Anda diminta untuk menyerahkan file dalam bentuk final artwork.
  8. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya.
  9. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi.
  10. Pengiriman karya harus disertakan dengan formulir peserta kompetisi (yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (http://www.biru.or.id/index.php/download/42/formulir-pendaftaran-green-competition-201.html) dan hasil scan kartu identitas diri. Karya, formulir peserta kompetisi, dan hasil scan kartu identitas diri wajib dikirim melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
  11. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB.
  12. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  13. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat.
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS
Green Competition 2013
"Energi Bersih dan Terbarukan untuk Indonesia: Aksi Lokal untuk Dampak Global"
Haruskah hasil karya mengenai energi?
Ya, harus mengenai energi, tepatnya energi terbarukan. Definisi energi terbarukan secara sederhana adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional lain dan merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.
Apa saja yang termasuk dengan energi terbarukan itu?
Beberapa sumber energi terbaharui antara lain energi panas bumi, energi surya, energi angin, tenaga udara, bio-massa, bahan bakar bio-cair, solid biogas, dan biogas. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan klik tautan ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbaharui
Apakah ada batasan usia?
Ada. Untuk kategori lomba Feature Writing dan Photo Story, yang disasar adalah kaum muda berumur 15 sampai 24 tahun, sedangkan untuk Campaign-kit Design rentang usia peserta kompetensi antara 15 sampai 35 tahun.
Boleh menulis hal lain selain energi namun masih terkait dengan lingkungan?
Tidak. Kompetisi ini adalah khusus untuk mengangkat aplikasi energi terbarukan di Indonesia. Dalam aplikasinya, energi terbarukan pasti memberi dampak pada lingkungan. Hal tersebut boleh diangkat ke dalam hasil karya, namun fokus utamanya tetap energi terbarukannya dan dampaknya terhadap rumah tangga, bukan lingkungan atau hal lain.
Berapa kategori yang bisa kami ikuti dalam kompetisi ini?
Anda bisa mengikuti satu atau bahkan semua kategori lomba (Feature Writing, Photo Story, dan Campaign-kit Design). Satu peserta bisa mengirimkan maksimal maksimal 3 karya untuk setiap kategori. Sebagai persyaratan administratif, satu formulir adalah untuk satu hasil karya. Pastikan Anda mengisi dan mengirimkan formulir untuk masing-masing karya yang dikirimkan. Jadi, tiga karya berarti tiga formulir.
Apakah bisa mengirimkan hasil karya untuk lebih dari satu tema khusus?
Bisa. Sekali lagi, satu peserta bisa mengirimkan maksimal 3 karya untuk setiap kategori lomba, dengan tema khusus yang sama atau berbeda-beda.
Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai kegiatan energi baru terbarukan di Indonesia?
Di Indonesia, sudah banyak program terkait pemanfaatan energi terbarukan yang digagas dan dilaksanakan oleh banyak pihak. Beberapa program terkait energi terbarukan yang saat ini sedang berjalan diantaranya adalah program Biogas Rumah (BIRU) yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Energi bersama para mitranya dan Program Pulau Sumba: 100% Energi Terbarukan oleh Hivos, sebuah lembaga pembangunan asal Belanda.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.biru.or.id.
Apakah harus mendaftar atau bisa langsung mengirimkan naskah?
YA. Semua peserta yang ingin hasil karyanya diikutsertakan dalam kompetisi ini harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di website BIRU. Hasil karya Feature Writing harus dikirim dalam bentuk softcopy melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
Sedangkan untuk Photo Story dan Campaign-kit Design, hasil karya harus dikirim via pos ke alamat berikut ini:
Yayasan Rumah Energi
Jalan Kemang Selatan XII no. 12
Jakarta 12560
Telp: +62 21 788 430 34
Fax: +62 21 788 430 35
Bolehkah pembuat karya lebih dari satu orang?
Kami tidak melarang adanya kerjasama dalam melahirkan sebuah karya. Namun, mohon diingat bahwa hanya akan ada satu nama yang diakui dalam satu karya, dan satu nama yang akan dituliskan sebagai pemenang dan penerima hadiah uang tunai. Jika Anda bekerja sama dengan orang lain, pastikan telah ada kesepakatan mengenai pengakuan dan penerimaan hadiah. Pihak panitia tidak memiliki tanggung jawab atas urusan internal peserta.
Pada hasil karya tulisan, foto, ataupun desain, bisakah peserta menjadi tokoh di dalamnya?
Hal yang wajib dalam kompetisi ini adalah hasil karya tulisan, foto, ataupun desain harus terkait dengan tema besar, yaitu energi terbarukan. Jadi, jika peserta adalah orang yang memanfaatkan atau merasakan manfaat dari energi terbarukan, maka Anda dipersilahkan untuk mengekspresikannya melalui hasil karya Anda.
Hasil karya haruskah berdasarkan kisah nyata?
YA. Harus berdasarkan program, peristiwa, maupun kegiatan yang benar-benar dilakukan dan terjadi dalam konteks masyarakat Indonesia.
Apabila tidak menang, apakah hasil karya boleh dikirimkan kepada pihak lain?
Jika hasil karya tidak menang, hak terhadap hasil karya tersebut ada pada peserta.
Green Competition 2013 – campaign-kit design
Creative brief
Campaign-kit design "Give people power"

Latar belakang dan tujuan kampanye
Energi merupakan sumber pembangunan yang tak terpisahkan. Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia tidak memiliki akses ke bentuk energiyang murah, nyaman dan dapat diandalkan.

Yayasan Rumah Energi – sebuah lembaga pembangunan lokal yang berkomitmen untuk mendorong pemanfaatan energi bersih dan terbarukan di Indonesia – menggagas sebuah kampanye bertemakan "Give people power". Kampanye ini bertujuan untuk mendorong perbaikan kondisi finansial dan sosial masyarakat Indonesia yang termajinalkan dengan mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan terutama di pedesaan. Tujuan lain kampanye adalah untuk mendorong munculnya kemitraanyang sinergi dan terintegrasi antara sektor swasta dan publik di bidang energi sehingga dampak program bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di lebih banyak lokasi.

Arti kampanye "Give people power"
Kata "power" dalam kampanye "Give people power" sendiri memiliki beberapa arti:

Power dapat berarti bahan bakar; energi, tenaga. Artinya, kami ingin memberikan bahan bakar, tenaga, energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Power dapat diartikan kekuatan, daya. Artinya, dengan memiliki energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan tersebut, masyarakat akan lebih berdaya, akan lebih mandiri dan tidak bergantung kepada pihak luar terkait penyediaan energi untuk kebutuhan sehari-hari.

Power juga berarti kapasitas, kemampuan, dan kontrol. Artinya, dengan memiliki akses terhadap energi murah dan berkelanjutan tersebut maka masyarakat bisa mengontrol kondisi keuangan keluarga dengan lebih baik.

Target Audience
Target audiens untuk kampanye ini ada dua, yaitu;
  1. public secara general – berumur di atas 18 tahun yang memiliki minat dan keprihatinan terhadap isu energi dan lingkungan.
  2. para professional yang terlibat dalam insttitusi atau organisasi pembangunan – baik dari sektor swasta maupun publik.

Persyaratan desain:
Ada dua item wajib, dan satu item pilihan.
Persyaratan standar: mengandung warna hijau warna: C35 M0 Y100 K12
Desain wajib (dua item)
  • Logo untuk kampanye "Give people power". Logo harusberupa icon dan tagline 'Give people power'. Pilihan font bebas. Icon yang dipakai tidak boleh mengandung unsur SARA, pornography dan unsur lain yang sensitif. Logo dibuat dua versi untuk pemakaian vertical dan horizontal.
  • Aplikasi logo ke dalam web banner.

Desain bebas (dua item)
  1. Satu desain poster yang menggambarkan substansi di belakang kampanye 'give people power'. Gunakan imajinasi Anda seliar mungkin namun tetap tidak mengandung unsur SARA dan pornography. Gambaran pada poster bisa menggambarkan efek negative akan energi non-terbarukan maupun positif energi terbarukan serta dampaknya terhadap lingkungan, msyarakat miskin terutama permpuan dan anak-anak.
  2. Satu desain alat kampanye lain (bentuk bebas tidak ditentukan). Alat kampanye bisa berupa namun tidak terbatas pada: stiker, mug, poster

Pertimbangan kreatif:
Gunakan ilustrasi yang merefleksikan masyarakat Indonesia pada umumnya terutama merka yang tinggal di pedsaan; tidak berbau SARA atau pornography.
Penekanan terhadap dampak pemanfaatan energi terbarukan terhadap keluarga di pedesaan, terutama perempuan dan anak-anak.
Merefleksikan keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan dengan menggunakan energi bersih dan terbarukan.
Pertanyaan dan pengiriman karya : kompetisi@rumahenergi.org
Syarat dan Ketentuan Umum
Green Competition 2013
"Energi Bersih dan Terbarukan untuk Indonesia: Aksi Lokal untuk Dampak Global"
A. Feature Writing
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-24 tahun
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet
  4. Karya harus sesuai dengan tema Green Competition 2013, yakni "Clean and Sustainable Energy for Indonesia: Local Act for Global Impact"
  5. Karya harus membahas salah satu dari subtema berikut ini: Green Energy, Green Micro-Financing, dan Green Productivity
  6. Karya harus terdiri dari minimal 700 kata, dan maksimal 1,000 kata.
  7. Karya harus diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc), dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)
  8. Karya harus orisinil dan tidak memiliki unsur plagiarisme, tidak mengandung unsur SARA dan pronografi.
  9. Karya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  10. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya
  11. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi
  12. Pengiriman karya harus disertakan dengan formulir peserta kompetisi (yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) dan hasil scan kartu identitas diri. Karya, formulir peserta kompetisi, dan hasil scan kartu identitas diri wajib dikirim melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
  13. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB
  14. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  15. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat
B. Photo Story
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-24 tahun
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet
  4. Foto harus sesuai dengan tema Green Competition 2013, yakni "Clean and Sustainable Energy for Indonesia: Local Act for Global Impact"
  5. Foto harus meng-capture salah satu dari subtema berikut ini: Green Energy, Green Micro-Financing, dan Green Productivity
  6. Foto wajib dicetak di atas kertas foto ukuran 4R
  7. Foto wajib disimpan dalam bentuk file digital dengan ketentuan sebagai berikut: panjang dan lebar minimal 1024 pixels, resolusi 500 DPI, dan disimpan dalam format JPG/JPEG pada skala 12 (High Quality)
  8. File digital foto wajib di-burn ke dalam CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW
  9. Peserta wajib menuliskan judul dan narasi mengenai foto mereka pada selembar kertas A4. Narasi foto harus mencantumkan nama lokasi (desa, kecamatan, kabupaten, provinsi), nama orang yang difoto (jika ada) beserta umur, dan keterangan mengenai foto yang diambil. Keterangan foto diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)
  10. File digital judul dan narasi foto wajib di-burn ke dalam CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW (bersama dengan file digital foto)
  11. Foto, judul, dan narasi foto harus orisinil dan tidak memiliki unsur plagiarisme, tidak mengandung unsur SARA dan pronografi.
  12. Judul dan narasi foto harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  13. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya
  14. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi
  15. Peserta wajib mengisi dan mem-print formulir peserta kompetisi yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (www.biru.or.id)
  16. Peserta wajib mengirimkan hasil cetak foto, judul dan narasi foto, CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW (yang berisi file digital foto beserta judul dan narasinya), formulir peserta kompetisi, dan fotokopi kartu identitas diri ke alamat berikut ini: Yayasan Rumah Energi , Jalan Kemang Selatan XII no. 12, Jakarta 12560
  17. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB
  18. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  19. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat
  20. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, level, dogde / burn dan saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek foto. Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi / hasil olahan dari beberapa file (montase).
  21. Tidak diperbolehkan mencantumkan nama/judul atau tulisan, grafis atau penanda apapun yang nampak dalam foto. Data peserta dicantumkan dengan jelas di formulir pendaftaran.
C. Campaign-kit Design
  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-35 tahun.
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet .
  4. Karya harus mencantumkan tagline "Give People Power". Kata "Power" dalam tagline bermakna ganda; yaitu power dalam arti energi, karena Yayasan Rumah Energi membuka akses energi baru terbarukan kepada masyarakat, dan power bisa juga berarti daya atau kekuatan. Artinya, dengan memiliki akses ke energi, masyarakat akan semakin berdaya dan bisa melakukan kegiatan yang produktif sehingga lebih sejahtera dan dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat sekitarnya.
  5. Karya desain wajib: Sebuah logo yang merepresentasikan ‘Give people power’. Logo tersebut lalu diaplikasikan ke dalam produk wajib yang terdiri dari poster, web banner, postcard, stiker, pin, dan mug.
  6. Karya harus mencantumkan spesifikasi bahan bagi produk kampanye yang diusulkan. Usulan bahan yang ramah lingkungan lebih disukai.
  7. Karya dikirimkan dalam bentuk PDF high-resolution. Jika Anda terpilih menjadi finalis, maka Anda diminta untuk menyerahkan file dalam bentuk final artwork.
  8. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau dikirimkan ke kompetisi lainnya sebelumnya.
  9. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal 3 (tiga) karya untuk setiap kategori kompetisi.
  10. Pengiriman karya harus disertakan dengan formulir peserta kompetisi (yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (http://www.biru.or.id/index.php/download/42/formulir-pendaftaran-green-competition-201.html) dan hasil scan kartu identitas diri. Karya, formulir peserta kompetisi, dan hasil scan kartu identitas diri wajib dikirim melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
  11. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 19 Juli 2013 pukul 23.59 WIB.
  12. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 29 Juli 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  13. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat.
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS
Green Competition 2013
"Energi Bersih dan Terbarukan untuk Indonesia: Aksi Lokal untuk Dampak Global"
Haruskah hasil karya mengenai energi?
Ya, harus mengenai energi, tepatnya energi terbarukan. Definisi energi terbarukan secara sederhana adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional lain dan merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.
Apa saja yang termasuk dengan energi terbarukan itu?
Beberapa sumber energi terbaharui antara lain energi panas bumi, energi surya, energi angin, tenaga udara, bio-massa, bahan bakar bio-cair, solid biogas, dan biogas. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan klik tautan ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbaharui
Apakah ada batasan usia?
Ada. Untuk kategori lomba Feature Writing dan Photo Story, yang disasar adalah kaum muda berumur 15 sampai 24 tahun, sedangkan untuk Campaign-kit Design rentang usia peserta kompetensi antara 15 sampai 35 tahun.
Boleh menulis hal lain selain energi namun masih terkait dengan lingkungan?
Tidak. Kompetisi ini adalah khusus untuk mengangkat aplikasi energi terbarukan di Indonesia. Dalam aplikasinya, energi terbarukan pasti memberi dampak pada lingkungan. Hal tersebut boleh diangkat ke dalam hasil karya, namun fokus utamanya tetap energi terbarukannya dan dampaknya terhadap rumah tangga, bukan lingkungan atau hal lain.
Berapa kategori yang bisa kami ikuti dalam kompetisi ini?
Anda bisa mengikuti satu atau bahkan semua kategori lomba (Feature Writing, Photo Story, dan Campaign-kit Design). Satu peserta bisa mengirimkan maksimal maksimal 3 karya untuk setiap kategori. Sebagai persyaratan administratif, satu formulir adalah untuk satu hasil karya. Pastikan Anda mengisi dan mengirimkan formulir untuk masing-masing karya yang dikirimkan. Jadi, tiga karya berarti tiga formulir.
Apakah bisa mengirimkan hasil karya untuk lebih dari satu tema khusus?
Bisa. Sekali lagi, satu peserta bisa mengirimkan maksimal 3 karya untuk setiap kategori lomba, dengan tema khusus yang sama atau berbeda-beda.
Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai kegiatan energi baru terbarukan di Indonesia?
Di Indonesia, sudah banyak program terkait pemanfaatan energi terbarukan yang digagas dan dilaksanakan oleh banyak pihak. Beberapa program terkait energi terbarukan yang saat ini sedang berjalan diantaranya adalah program Biogas Rumah (BIRU) yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Energi bersama para mitranya dan Program Pulau Sumba: 100% Energi Terbarukan oleh Hivos, sebuah lembaga pembangunan asal Belanda.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.biru.or.id.
Apakah harus mendaftar atau bisa langsung mengirimkan naskah?
YA. Semua peserta yang ingin hasil karyanya diikutsertakan dalam kompetisi ini harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di website BIRU. Hasil karya Feature Writing harus dikirim dalam bentuk softcopy melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
Sedangkan untuk Photo Story dan Campaign-kit Design, hasil karya harus dikirim via pos ke alamat berikut ini:
Yayasan Rumah Energi
Jalan Kemang Selatan XII no. 12
Jakarta 12560
Telp: +62 21 788 430 34
Fax: +62 21 788 430 35
Bolehkah pembuat karya lebih dari satu orang?
Kami tidak melarang adanya kerjasama dalam melahirkan sebuah karya. Namun, mohon diingat bahwa hanya akan ada satu nama yang diakui dalam satu karya, dan satu nama yang akan dituliskan sebagai pemenang dan penerima hadiah uang tunai. Jika Anda bekerja sama dengan orang lain, pastikan telah ada kesepakatan mengenai pengakuan dan penerimaan hadiah. Pihak panitia tidak memiliki tanggung jawab atas urusan internal peserta.
Pada hasil karya tulisan, foto, ataupun desain, bisakah peserta menjadi tokoh di dalamnya?
Hal yang wajib dalam kompetisi ini adalah hasil karya tulisan, foto, ataupun desain harus terkait dengan tema besar, yaitu energi terbarukan. Jadi, jika peserta adalah orang yang memanfaatkan atau merasakan manfaat dari energi terbarukan, maka Anda dipersilahkan untuk mengekspresikannya melalui hasil karya Anda.
Hasil karya haruskah berdasarkan kisah nyata?
YA. Harus berdasarkan program, peristiwa, maupun kegiatan yang benar-benar dilakukan dan terjadi dalam konteks masyarakat Indonesia.
Apabila tidak menang, apakah hasil karya boleh dikirimkan kepada pihak lain?
Jika hasil karya tidak menang, hak terhadap hasil karya tersebut ada pada peserta.
Green Competition 2013 – campaign-kit design
Creative brief
Campaign-kit design "Give people power"

Latar belakang dan tujuan kampanye
Energi merupakan sumber pembangunan yang tak terpisahkan. Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia tidak memiliki akses ke bentuk energiyang murah, nyaman dan dapat diandalkan.

Yayasan Rumah Energi – sebuah lembaga pembangunan lokal yang berkomitmen untuk mendorong pemanfaatan energi bersih dan terbarukan di Indonesia – menggagas sebuah kampanye bertemakan "Give people power". Kampanye ini bertujuan untuk mendorong perbaikan kondisi finansial dan sosial masyarakat Indonesia yang termajinalkan dengan mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan terutama di pedesaan. Tujuan lain kampanye adalah untuk mendorong munculnya kemitraanyang sinergi dan terintegrasi antara sektor swasta dan publik di bidang energi sehingga dampak program bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di lebih banyak lokasi.

Arti kampanye "Give people power"
Kata "power" dalam kampanye "Give people power" sendiri memiliki beberapa arti:

Power dapat berarti bahan bakar; energi, tenaga. Artinya, kami ingin memberikan bahan bakar, tenaga, energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Power dapat diartikan kekuatan, daya. Artinya, dengan memiliki energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan tersebut, masyarakat akan lebih berdaya, akan lebih mandiri dan tidak bergantung kepada pihak luar terkait penyediaan energi untuk kebutuhan sehari-hari.

Power juga berarti kapasitas, kemampuan, dan kontrol. Artinya, dengan memiliki akses terhadap energi murah dan berkelanjutan tersebut maka masyarakat bisa mengontrol kondisi keuangan keluarga dengan lebih baik.

Target Audience
Target audiens untuk kampanye ini ada dua, yaitu;
  1. public secara general – berumur di atas 18 tahun yang memiliki minat dan keprihatinan terhadap isu energi dan lingkungan.
  2. para professional yang terlibat dalam insttitusi atau organisasi pembangunan – baik dari sektor swasta maupun publik.

Persyaratan desain:
Ada dua item wajib, dan satu item pilihan.
Persyaratan standar: mengandung warna hijau warna: C35 M0 Y100 K12
Desain wajib (dua item)
  • Logo untuk kampanye "Give people power". Logo harusberupa icon dan tagline 'Give people power'. Pilihan font bebas. Icon yang dipakai tidak boleh mengandung unsur SARA, pornography dan unsur lain yang sensitif. Logo dibuat dua versi untuk pemakaian vertical dan horizontal.
  • Aplikasi logo ke dalam web banner.

Desain bebas (dua item)
  1. Satu desain poster yang menggambarkan substansi di belakang kampanye 'give people power'. Gunakan imajinasi Anda seliar mungkin namun tetap tidak mengandung unsur SARA dan pornography. Gambaran pada poster bisa menggambarkan efek negative akan energi non-terbarukan maupun positif energi terbarukan serta dampaknya terhadap lingkungan, msyarakat miskin terutama permpuan dan anak-anak.
  2. Satu desain alat kampanye lain (bentuk bebas tidak ditentukan). Alat kampanye bisa berupa namun tidak terbatas pada: stiker, mug, poster

Pertimbangan kreatif:
Gunakan ilustrasi yang merefleksikan masyarakat Indonesia pada umumnya terutama merka yang tinggal di pedsaan; tidak berbau SARA atau pornography.
Penekanan terhadap dampak pemanfaatan energi terbarukan terhadap keluarga di pedesaan, terutama perempuan dan anak-anak.
Merefleksikan keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan dengan menggunakan energi bersih dan terbarukan.
Pertanyaan dan pengiriman karya : kompetisi@rumahenergi.org