Lomba Menulis dan Alih Aksara Jawa

Ingin jajal sejauh mana kemampuan para siswa SMA, FSSR (Fakultas Sastra dan Seni Rupa) UNS Jurusan Sastra Daerah menggelar lomba Menulis dan Alih Aksara Jawa. Lomba yang digelar di Gedung IV Fakultas Sastra dan Seni Rupa tersebut di ikuti oleh 23 peserta.
 
Diungkapkan oleh Drs. Imam Sutardjo, M.Hum ketua Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS, bahwa acara tersebut nantinya akan menjadi tolok ukur untuk melihat sejauh mana kemampuan para siswa SMA akan kemampuan dalam menuis maupun alih Bahasa Jawa. “Kita akan melihat sejauh mana kemampuan para siswa tersebut, dan jika hasilnya buruk nantinya kita akan menggelar rapat koordinasi dengan MGMP se-Soloraya untuk membahas hal tersebut”, ungkapnya.
 
Selama 5 tahun ini siswa SMA sudah pelajaran Bahasa Jawa sudah diwajikan di tingkat SMA, maka dengan adanya lomba menulis ini juga merupakan sebuah evaluasi sejauh mana kemampuan dan daya serap siswa SMA dengan pelajaran Bahasa Jawa, khususnya menulis dan alih aksara Jawa.
 
Sementara itu, terkait sepinya peserta lomba menulis, Drs. Y. Suwanto, M.Hum, selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa, sedikitnya siswa tersebut dikarenakan banyaknya siswa yang libur di hari Sabtu, sehingga banyak siswa yang mengundurkan diri, dengan alasan liburan atau berkumpul bersama keluarga.
 
Selain itu Suwanto juga menerangkan bahwa kriteria penilaian didasarkan pada kebenaran alih aksara baik dari Jawa ke latin atau sebaliknya serta sisi kerapian dan keindahan tulisan para peserta. Dalam lomba menulis   tersebut terdapat 3 juri, 2 juri dari Sastra Daerah FSSR, dan 1 juri dari Pawiyatan Widya Budaya.
 
Dalam lomba menulis tersebut nantinya akan diambil 3 pemenang, yaitu juara 1,2, dan 3 yang nantinya akan mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan

sumber: http://www.timlo.net
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment