Lomba Resensi

Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Menulis Resensi Buku. Pengurus FAM Indonesia, Aliya Nurlela menyebutkan, Lomba Menulis Resensi Buku bertujuan untuk membangun sikap kritis penulis-penulis muda dalam membaca sebuah buku, terutama ditujukan kepada anggota FAM Indonesia.
“Buku-buku yang diresensi adalah buku-buku terbitan FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia,” ujarnya, Senin (25/3) dalam siaran pers yang diterima padangmedia.com.
Lomba diadakan gratis tanpa dipungut biaya. Peserta yang telah memiliki buku-buku terbitan FAM Publishing dan telah meresensinya, terlebih dahulu harus bergabung dengan grup “Forum Aishiteru Menulis” di facebook dan memposting resensinya di grup tersebut serta mengirim ke email FAM Indonesia: forumaktifmenulis@yahoo.com.
Bagi peserta yang tidak memiliki buku terbitan FAM Publishing dan jika berminat mengikuti lomba dapat memesannya dengan melihat info buku FAM di website www.famindonesia.com.
Dijelaskannya, resensi yang ditulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap penulis menyebutkan identitas lengkap dan isi resensi harus berimbang, komunikatif, mengulas sisi kelebihan dan kekurangan isi buku dan memberikan masukan kepada penulis buku yang diresensi.
“Deadline penerimaan naskah resensi pada Minggu, 26 Mei 2013, pukul 22.00 WIB dan update peserta dapat dilihat di www.famindonesia.com,” tambahnya.
Sebagai tanda penghargaan bagi para pemenang, FAM Indonesia menyediakan sejumlah hadiah. Di antaranya, juara I berupa uang tunai Rp 250.000, paket buku dari FAM Publishing dan Piagam Penghargaan, Juara 2, uang tunai Rp 200.000, paket buku dari FAM Publishing dan Piagam Penghargaan serta Juara 3, uang tunai Rp 150.000, paket buku dari FAM Publishing dan Piagam Penghargaan.
FAM Indonesia
Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia didirikan oleh “duo penulis muda” Indonesia, Muhammad Subhan (Sumatera Barat) dan Aliya Nurlela (Malang, Jawa Timur). Berdiri pada 2 Maret 2012. FAM Indonesia berkantor pusat di Pare, Kediri, Propinsi Jawa Timur yang tujuannya menyebarkan semangat cinta (aishiteru) menulis di kalangan generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar, SLTP, SLTA, mahasiswa, dan kalangan umum lainnya.
FAM Indonesia berbasis di sekolah-sekolah dan melebur di tengah masyarakat dalam berbagai kegiatan kepenulisan. Kegiatan-kegiatan FAM Indonesia dapat diakses di grup “Forum Aishiteru Menulis” di facebook dan website www.famindonesia.com. (rin/rel)