Lomba Guru Berprestasi

Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar lomba guru dan kepala sekolah berprestasi. Hal itu dilakukan guna meningkatkan profesionalitas prestasi guru dan kepala sekolah di Kabupaten Ciamis.  Agenda tahunan tersebut, diikuti sejumlah guru mulai tingkat  taman kanak-kanak  hingga tingkat SMA, serta kepala sekolah di masing-masing jenjang pendidikan.

“Intinya, lomba ini digelar untuk meningkatkan prestasi, kinerja dan motivasi kerja guru dan kepala sekolah bahkan meningkatkan harkat dan martabat,” kata Kasubag Bina Program Disdik Kabupaten Ciamis, Dudung Abdulah, di ruang kerjanya, Jumat (5/4).

Pada prosesnya, perserta lomba diseleksi secara berjenjang dari kecamatan hingga kabupaten. Guru dan kepala sekolah terpilih, akan menjadi duta Kabupaten Ciamis pada ajang serupa di tingkat provinsi.  Tidak hanya itu, semua peserta pun akan melewati beberapa tahapan penilaian secara profesional dan objektif oleh tim penguji.
“Nanti penilaian akan meliputi tes wawancara, uji kompetensi serta profesionalitas guru dan kepala sekolah,” terangnya.
Adapun persyaratan pokok yang harus dipenuhi peserta pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi, meliputi guru PNS dan non PNS, tidak sedang mendapat tugas sebagai kepala sekolah, memiliki masa kerja sekurang-kurangnya delapan tahun, memiliki bukti prestasi dalam karya tulis, atau laporan sah kepala sekolah dan atas rekomendasi komite sekolah.
sumber: fokusjabar.com/2013/04/05/uji-prestasi-guru-dengan-lomba/ 

Biasanya, dalam uji kompetensinya, ada kompetensi kepenulisannya lho. Maka, hayooo bagi para guru, siap-siap untuk mengikuti lomba ini.